Rabu, 13 Januari 2010

PEMERIKSAAN

Memeriksa dan Melihat Sistem Komputer dengan System Explorer

Bagi anda yang sering (mau) memeriksa kondisi sistem komputer, banyak berbagai tools yang dapat digunakan. Di Windows sendiri, kita tidak asing dengan Task Manager, yang sering digunakan untuk memeriksa berbagai proses yang sedang berjalan, penggunaan CPU (Processor), RAM dan lainnya.

Alternatif lain yang lebih lengkap adalah menggunakan program gratis System Explorer.
System Explorer tidak hanya mempunyai fitur seperti Task Manager, tetapi menggabungkan berbagai fitur yang biasanya kita dapatkan dari berbagai program terpisah. Beberapa fiturnya antara lain :

- Informasi detail tentang program (task, process, modul) yang sedang berjalan, termasuk fitur untuk mematikan aplikasi secara paksa (End Task)
- Informasi Performa sistem, seperti Processor, Network (jaringan), RAM dan lainnya
- Informasi Service, driver yang aktif di komputer
- Aplikasi/process apa saja yang terkoneksi ke jaringan/internet, informasi
port-nya, dan terkoneksi ke mana.
- Informasi Start Up program /aplikasi, juga fitur untuk menghapus/menon-aktifkan start-upnya.
- Addons internet Explorer, dengan fitur untuk menon-aktifkan atau menghapusnya, karena kadang addons ini membuat kinerja internet explorer menjadi makin lambat.
Informasi berbagai addon di Explorer
- Software Uninstaller, untuk menampilkan program yang terinstall di windows dan fitur untuk meng-uninstall
- Tools untuk melihat History komputer dan Snapshot ( untuk melihat perubahan yang terjadi di komputer, baik perubahan files, registry atau kedua-duanya)
- System report, untuk membuat report (laporan) tentang berbagai informasi penting komputer.
- Menyediakan fitur untuk mengecek file yang mencurigakan melalui layanan VirusTotal atau Jotti (memerlukan koneksi internet)
- Menyediakan fitur untuk mencari informasi fiel/process melalui database online

Tips dengan Snapshot

Ketika menjalankan program ini pertama kali, sebaiknya membuat Snapshot registry dan juga file di komputer, sehingga jika ada perubahan sistem/registry file, kita bisa membandingkan dan melihat apa saja perubahan yang terjadi. Caranya

1. Jalankan System Explorer pilih Tools > Snapshots
2. Bagian Snapshot name isi dengan judul deskripsi singkat. Misalnya Registry-01, dan Snapshot type pilih Registry.
3. Setelah itu klik Create Snapshot, dan tunggu aplikasi untuk menyimpan informasi registry
4. Kita juga dapat menyimpan snapshot untuk file-file di komputer, caranya seperti sebelumnya (misalnya deskripsinya Files-01 dan dengan memilih Files). Proses snapshot files mungkin lebih lama, tergantung jumlah file yang ada di komputer. Dapat juga memilih dua-duanya (file dan registry)
5. Jika suatu saat ingin melihat perubahan files dan atau registry, buat snapshot baru dan setelah selesai, pilih 2 snapshot yang ingin dibandingkan dan klik Compare Snapshots
6. Akan tampil window baru yang menampilkan perubahan data, baik registry dan atau files

File snapshot akan tersimpan di folder snapshots yang berlokasi sama dengan program system explorer. Jika ukuran registry atau jumlah file banyak, maka ukuran snapshot juga akan semakin besar, jadi perlu diperhatikan juga

System Explorer merupakan program gratis (Free) baik untuk personal maupun penggunaan Komersial. Sistem yang didukung adalah Windows XP,Windows Vista atau Windows 7. Tersedia juga versi portable sehingga bisa langsung dijalankan dari Flashdisk. Ukuran program relatif kecil, kurang dari 2 MB. Klik di bawah ini untuk mendapatkannya......

PERKAKAS KOMPUTER

Perkakasan Komputer

Anton van Leeuwenhoek perkakasan komputer merujuk kepada bahagian-bahagian yang membentuk komputer yang lengkap. Perkakasan komputer juga dikenali sebagai peranti (device).Istilah perkakasan atau peranti merujuk kepada keseluruhan peralatan fizikal pada sebuah komputer, manakala perisian (software) menyediakan arahan kepada perkakasan untuk melaksanakan kerja komputer. Kadangkala perbezaan perkakasan (hardware) dengan perisian agak kabur, terutama apabila merujuk kepada perisian tegar (firmware). Perisian tegar ialah perisian yang dipasang ke dalam perkakasan, ia amat jarang perlu diubah dan oleh itu biasanya disimpan dalam ingatan baca sahaja (ROM).

Kebanyakan perkakasan komputer tidak dapat dilihat oleh pengguna biasa. Ia merupakan sebahagian dari yang digunakan dalam kenderaan, ketuhar gelombang mikro, mesin elektrokardiograf, pemain cakera padat dan banyak lagi. Komputer peribadi, perkakas yang paling biasa pada kebanyakan orang, merupakan cuma sebahagian kecil perkakasan komputer (kira-kira 0.2% dari semua komputer baru pada 2003).

Komputer peribadi yang tipikal mengandungi komponen perkakasan seperti berikut:

> Papan induk (motherboard)
> Unit pemprosesan pusat (CPU) dan kipasnya
> Ingatan capaian rawak (RAM)
> Basic Input/Output System atau BIOS
> Slot bas komputer:
* PCI
* PCI-E
* USB
* HyperTransport
* CSI (dijangka mulai 2008)
* AGP (makin kurang)
* ISA, EISA, VLB (tidak digunakan lagi).
> Bekalan kuasa komputer - peti yang mengandungi transformer, pengawal voltan dan kipas.
> Pengawal storan bagi IDE, SATA, SCSI dan storan lain, yang mengawal cakera keras, cakera liut, CD-ROM dan pemacu lain. Boleh terletak pada papan induk atau kad tambahan.
> Pengawal video yang mengeluarkan output untuk monitor komputer. Boleh disekalikan dengan papan induk atau dipasang pada slot sendiri (PCI, PCI-E atau AGP), memerlukan kad grafik.
> Pengawal bas komputer (port selari, bersiri, USB, FireWire) bagi menyambung komputer dengan perkakasan luaran seperti pencetak atau pengimbas.
> Satu atau lebih media boleh ditanggalkan:
> CD - paling umum
* Pemacu CD-ROM
* Penulis CD
> DVD
* Pemacu DVD-ROM
* Pemacu DVD-RAM
* Penulis DVD
> BD
* Pemacu BD-ROM
* Perakam BD
> Cakera liut (disket)
> Pemacu Zip
> Pemacu kilat USB (thumb drive)
> Kad ingatan - kecil
> Pemacu pita - biasanya untuk sandar/jangka panjang.
> Storan dalaman
> Cakera keras - storan jangka sederhana
> Pengawal cakera, contohnya RAID.
> Kad bunyi.
> Perangkaian - untuk menyambung komputer ke Internet/komputer lain
> Modem - sambungan dail
> Kad rangkaian - sambungan DSL atau ke komputer lain.
> Persisian lain seperti kad penala TV.

Selain itu, perkakasan juga boleh termasuk komponen luaran PC seperti:

> Peranti input
> Papan kekunci (teks)
> Peranti penuding
* Tetikus
* Bebola jejak (trackball)
> Peranti permainan
* Kayu ria
* Pad ria (joypad)
* Pengawal permainan lain
> Peranti input imej, video
* Pengimbas
* Webcam
> Peranti input audio
* Mikrofon
> Skrin sentuh.
> Peranti output
> Peranti output imej, video
* Monitor komputer
* Terminal komputer
* Pencetak - salinan keras
* Pelakar (plotter) - salinan keras
* Refreshable Braille display
* Braille Embosser - salinan keras.
> Peranti output audio
* Pembesar suara
* Fon kepala.

MANFAAT

Manfaat Komputer Dalam Pembelajaran

Pembelajaran komputer dimana banyak pemanfaatan multimedia, proses pembelajaran lebih bermakna, kerana mampu menampilkan teks, warna, suara, video, gerak, gambar serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif. Gregor MendelKemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran berbantuan komputer, dalam penggunaannya menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat beberapa model pembelajaran berbantuan komputer, iaitu model latihan dan praktis (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations) dan model permainan (game).

Arief S. Sadiman ( 1984:6 ) mengatakan bahawa media “ adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti film, buku dan kaset “. RE Clark ( 1996 : 62 ) mengungkapkan bahawa “ the of of media to encourage student to invest more afford in hearing has along history “.

Dari pandangan yang ada di atas dapat dikatakan bahawa media merupakan alat yang membolehkan anak muda untuk mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah dan dapat untuk mengingatnya dalam waktu yang lama dibangdingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara tatap muka dan ceramah tanpa alat bantuan.Menurut Soeparno ( 1987:8 ) menyebutkan ada beberapa alasan memilih media dalam proses belajar mengajar, yakni ada berbagai macam media yang mempunyai kemungkinan dapat kita pakai di dalam proses belajar mengajar,ada media yang mempunyai kecocokan untuk menyampaikan informasi tertentu, ada perbedaan karakteristik setiap media, ada perbedaan pemakai media tersebut, ada perbedaan situasi dan kondisi tempat media dipergunakan, Media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Penggunaannya.

Komputer sebagai Media Pembelajaran Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet. Kuliah lewat Internet oleh IBUteledukasi.com. Universitas virtual IBUteledukasi ini didirikan oleh Adi sasono, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerjasama dengan Universitas Tun Abdul Razak (Unitar) Malaysia yang sudah lebih dulu menyelenggarakan perkuliahan online. Pada pendidikan jarak jauh Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Interaksi pembelajaran pada program Magister Manajemen Rumah Sakit dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan dilakukan melalui surat elektronik (e-mail) mahasiswa harus menjawab 75% pertanyaan melalui e-mail. Contoh lain pemanfaatan jaringan komputer dilakukan di Universitas Indonesia (UI). Sejak tahun 1994 UI telah mengembangkan infrastruktur informasi yang dikenal dengan nama Jaringan Universitas Indonesia Terpadu (JUITA). JUITA menghubungkan sebelas fakultas dan lembaga-lembaga penting yang ada di UI dengan menggunakan jaringan serat optik ( Sri Hartati, dkk 1997 dalam Benny A. Pribadi dan Rosita, Tita, 2000).

komputer

Program

Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan

PEMBELAJARAN KOMPUTER

Komputer Dalam Pembelajaran

Pada masa kini, negara sedang menuju ke status sebuah negara maju pada tahun 2020 yang akan datang. Keperluan sumber manusia dalam bidang sains dan teknologi merupakan teras yang paling utama dalam pembangunan negara. Oleh itu, pendidikan adalah salah satu cabang yang terpenting bagi menyalurkan ilmu pengetahuan kepada sumber tenaga mahir dan separuh mahir yang terlatih. Dengan itu, keperluan dalam bidang sains dan teknologi amat dititikberatkan di Malaysia untuk mencapai Wawasan 2020.

Dengan itu, proses pengajaran mata pelajaran sains amat dititikberatkan oleh kerajaan dalam usaha untuk melahirkan masyarakat yang bersifat sainstifik serta progresif, berdaya cipta dan berpandangan jauh ke masa hadapan. Dengan itu, beberapa pendekatan yang baru untuk pengajaran sains telah diperkenalkan, tidak terkecuali juga dengan mata pelajaran Fizik. Salah satu pendekatan baru ialah pengajaran dengan perisian multimedia. Tidak dapat dinafikan bahawa teknologi maklumat kini sudah diterima sebagai sebahagian daripada pendidikan. Semua sekolah di Malaysia kini sudah dilengkapkan dengan kemudahan multimedia. Semua guru yang mengajar mata pelajaran sains dan matematik telah dibekalkan dengan sebuah “laptop”. Ini menunjukkan betapa berusahanya kerajaan dalam mengubah pendekatan pengajaran sains dan matematik di negara kita.

Pembelajaran Berbantukan Komputer (PBK) adalah satu pendekatan yang menggunakan komputer untuk tujuan pengajaran dan pembelajaran. Secara ringkasnya, komputer sebagai satu pendekatan yang digunakan untuk menyampaikan isi pelajaran supaya pembelajaran dapat menjadi lebih mudah, menarik dan berkesan serta berinteraksi dengan komputer mengikut kehendak dan keupayaan sendiri.

Perkembangan teknologi dalam bidang komputer masa kini terus meledak dengan pesatnya. Perkembangan inilah yang mencetuskan pemikiran untuk menerapkan teknologi bidang komputer dalam sistem pendidikan hari ini. Aspek teknologi telah digabungkan dalam kurikulum sekolah sebagai satu daya ke arah menyemai dan memupuk minat pelajar terhadap pembelajaran.

komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi Berdasarkan skala :

  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
  • Global Area Network (GAN)

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

  • Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

  • Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

- Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

- Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.


2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

- Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

- Jaringan MAN Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

- Jaringan WAN Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.


3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

- Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

-Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.


4. Berdasarkan media transmisi data

- Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

- Jaringan Nirkabel (Wireless Network) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.